Pelayanan Satpas SIM di Polres Bone Utamakan Sikap Humanis Dengan 3S

49

BONE-Alakomai.com
Pelayanan prima, humanis kepada masyarakat yang ingin membuat SIM baru konsisten disajikan jajaran Unit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Bone.

Seperti yang dilakukan oleh Briptu Burhanuddin, yang melayani masyarakat dengan penuh kesabaran memberikan pencerahan, materi sebelum ujian teori SIM menggunakan komputer kepada pemohon SIM.

Hal itu juga dilakukan oleh Aiptu Nataniel T dengan sabar memberikan pencerahan, materi sebelum ujian praktik di lapangan uji praktik Satpas SIM Polres Bone kepada pemohon SIM. sehingga diharapkan bisa meminimalisir kegagalan.

Pendampingan itu merupakan implementasi dari kebijakan Kapolri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Setiap anggota Polri dituntut melaksanakan pelayanan prima, humanis bagi masyarakat termasuk ketika pengajuan SIM baru atau perpanjangan SIM.

“Kami selalu berupaya maksimal melayani masyarakat secara humanis dan responsif,” ujar Kasat Lantas Polres Bone AKP Mustari,SH. Selasa (7/12/2021)

Menurutnya, salah satu bentuk pelayanan humanis jajarannya antara lain menyampaikan sejumlah mekanisme yang harus dilakukan bagi peserta ujian teori maupun ujian praktik di Satpas SIM.

“Di samping itu anggota juga membantu mengarahkan bagi masyarakat yang masih binggung terkait mekanisme pengajuan SIM, dengan tidak meninggalkan 3S senyum, sapa, salam,” tuturnya.

Dia menegaskan, satuan yang dipimpinnya tak akan pernah lelah melayani kehadiran masyarakat dengan dua pendekatan yaitu persuasif dan edukatif.

“Dua pendekatan itu jadi kunci pelayanan kami bagi masyarakat yang sedang mengurus SIM dan perpanjangan,” tutupnya. (*)

MIH.