*Hari ini mengenang peristiwa akbar dari konser 2 band Rock yg sangat terkenal di dunia*

40

Alakomai.com – GNR dan Metallica sepakat menggelar konser bareng keliling benua Amerika Utara mulai tanggal 17 Juni – 6 Oktober 1992. Awal-awal konser masih berjalan aman hingga GNR dan Metallica masih bisa menyanyikan lagu2nya sampe tuntas.

Hingga sampe 7 kali tempat pun konser masih berjalan aman dan penonton begitu sangat antusias hingga selama 7 kali konser rata2 dihadiri 38 – 54 ribu penonton per stadion. Band2 terkenal pun diundang menjadi band pembuka yaitu Motörhead, Body Count dan Faith No More (pengganti Nirvana).

Nah… saat menggelar konser di stadion Montreal (Kanada) pada tanggal 8 Agustus 1992 yg dihadiri sekitar 54.666 penonton terjadilah suatu hal yg tidak diinginkan, apalagi penonton dari Kanada terkenal beringas2 dan brutal saat itu.

Saat itu Metallica tampil pertama dan melihat beberapa orang memegang kembang api dan menyalakan kembang api sembarangan hingga meledaknya sampe kemana-mana. James Hetfield bingung karena melihat situasinnya sangat buruk itu dan ternyata juga terjadi kesalah pahaman antara teknisi kembang api dgn James Hetfield.

Dan ketika James Hetfield berjalan di depan panggung dgn menyanyikan “Fade to Black” tiba2 percikan kembang api mengenai James Hetfield yg dianggap kesalahan dari pihak penyelenggara, namun ada yg mengatakan bahwa ada orang yg sengaja melakukan kejadian tsb.

James Hetfield merasa dirinya seperti terbakar oleh letusan kembang api tersebut dgn kekuatan yg cukup besar. Konser Metallica akhirnya dihentikan dgn seketika dan James Hetfield harus dilarikan ke rumah sakit karena luka bakarnya cukup serius.

Kembang api tsb mengenai samping wajahnya dan rambutnya hingga sampe tulang belakang, serta tangan kirinya terbakar dan lukanya cukup parah juga.

Saat hendak ke rumah sakit, tangan kiri James Hetfield disenggol oleh salah satu sekuriti yg mengawalnya hingga secara reflek James Hetfield memukul sekuriti tersebut karena sakitnya.

Tapi beruntung setahun kemudian tangan James Hetfield sudah sembuh hingga Setiawan Djody bisa mengundang Metallica konser di Jakarta thn 1993. Di konser selanjutnya, Metallica pun meminta maaf kepada penonton atas insiden kerusuhan yg terjadi di Kanada.

Ketika Metallica berhenti, akhirnya GNR tampil lebih awal dari jadwal yg ditentukan karena ada tragedi tsb. Axl Rose terlihat malas2an saat bernyanyi hingga GNR pun tampil tidak membawakan beberapa lagu yg sesuai dgn daftar list lagu yg ditentukan karena Axl Rose tiba2 menghentikan penampilan GNR selama sejam kurang 5 menit.

Slash pun menerangkan bahwa Axl Rose lagi kurang enak badan dan mengalami gangguan pita suara makanya konser GNR dipercepat. Pertama Metallica pulang lebih awal lalu disusul GNR juga yg berhenti dgn tiba2 dan itu membuat emosi yg sangat besar bagi penonton Kanada.

Para penonton sangat emosional hingga brutal dengan menjungkir balikkan banyak mobil di jalan2 lalu menghancurkan kaca, jendela dan menjarah toko2 setempat serta membakar benda2 yg ada di jalan. Pemerintah dan Aparat Kanada tidak bisa menghentikan sikap brutal penonton karena mereka begitu banyak.

Axl Rose beserta semua anggota GNR pun disalahkan atas kerusuhan tsb karena mereka dianggap cuek saat itu. Ini semakin memperpanjang rekor buruk GNR yg sebelumnya di thn 1991 sempat terjadi kerusuhan juga di St.Louis.

Di konser gabungan GNR dan Metallica inilah menurut kabar yg beredar menjadi titik awal perselisihan antara Axl Rose dan Kurt Cobain.

Sejak Awal Axl Rose tertarik ingin menjadikan Nirvana sebagai band pembuka konser akbar tsb karena melihat kepopuleran Nirvana yg begitu hebat. Axl Rose pun memakai topi bertuliskan Nirvana di pembuatan video klip “Don’t Cry” karena dia sangat kagum dgn reputasi Nirvana.

Kita bisa lihat di film Montage of Heck dimana Kurt Cobain diundang di konsernya GNR, tapi apa yg terjadi ketika beberapa hari menjelang diadakan konser?, Nirvana tiba2 membatalkan keikut sertaan mereka di konser akbar tsb.

Kita bisa lihat di film Montage Heck thn 2015 dimana Courtney Love dan Kurt Cobain berbicara dan mau tampil bersama GNR. Namun, Kurt Cobain mengatakan bahwa dia tidak ingin Nirvana spt GNR yg dianggapnya band glamor.

Kurt Cobain ingin terkenal dgn usahanya sendiri tanpa harus diembel-embeli band besar yg mendukungnya. Seperti yg pernah dibilang Kurt Cobain bahwa dia tidak menyukai kepopuleran dan menginginkan Nirvana supaya tetap seperti dulu.

Keputusan Kurt Cobain itu membuat Axl marah besar hingga sang istri Kurt Cobain menjadi sasarannya Axl Rose dan disemprot habis2an. Mendengar sang istri disemprot, marahlah Kurt Cobain dan akhirnya mereka berseteru hebat di media saat itu.

Memang disaat itu nama Guns ‘N Roses dan Metallica lagi terkenal dgn suksesnya album2 mereka. Di tanggal 17 Agustus 1992, Metallica tidak bisa melanjutkan konser ini karena James Hetfield masih mengalami cedera. Setelah konser ini selesai di bulan Oktober 1992, Metallica mendapatkan bayaran yg besar, sedangkan GNR mendapatkan bayaran yg kecil hingga Slash merasa mengalami kerugian sekitar 80%.

Konser akbar ini mendapatkan penghargaan di Metal Edge Readers’ Choice Award thn 1992 di kategori Best Concert Tour.

MIH.