*“Sosialisasikan Penerapan New Normal Kepada Masyarakat, Ini Kata Babinsa Ramil 05/Idr Kepada Masyarakat”*

40

Aceh-Alakomai.com
Aceh Timur – Saat ini pemerintah Kabupaten Aceh Timur telah merubah tatanan hidup baru atau new normal, dimana masyarakat diminta untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 atau lebih dikenal dengan virus Corona.

Terkait dengan perintah tersebut Babinsa Koramil 05/Idi Rayeuk Kodim 0104/Atim Sertu Abdurahman sembari komsos ia juga mensosialisasikan kepada warga binaannya di Desa Gampung Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, tentang cara menjalani hidup new normal seperti saat ini, Selasa (04-08-2020).

Babinsa memaparkan kepada warga bahwa, saat keluar rumah terapkan langkah pencegahan dasar kapanpun dan dimanapun dan pastikan untuk tidak keluar rumah jika sedang tidak enak badan. Penerapan physical distancing wajib dilakukan saat diluar rumah dan jangan keluar rumah jika tidak penting. Saat kembali ke rumah, langsung lakukan seperti berikut ini. Buka alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah, Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun peralatan yang kamu gunakan, Cuci tangan dengan air dan sabun, Lepaskan pakaian yang dikenakan dan segera masukkan ke dalam tempat cucian yang tertutup, Mandi dan berganti pakaian bersih sebelum bersantai atau berkumpul dengan keluarga.

Lanjutnya, saat menggunakan transportasi umum pada waktu bepergian, pastikan selalu menerapkan pencehagan dasar. Jangan lupa membawa hand sanitizer dan jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dibersihkan. Pastikan pula untuk membawa botol minuman agar terhindar dari dehidrasi. Yang paling penting adalah tetap menerapkan physical distancing, sebisa mungkin menjaga jarak 1 meter dengan penumpang lain. Apabila hal ini tidak memungkinkan, mungkin kita harus mencari opsi lain untuk transportasi yang akan digunakan, “jelasnya.

Sedangkan saat berbelanja untuk membeli bahan makanan, hal utama yang harus diterapkan adalah physical distancing. Pastikan kita tidak menyentuh banyak barang di toko ataupun tempat umum. Dan jangan lupa membawa hand sanitizer untuk mengurangi resiko terkontaminasi oleh virus. Kita tidak perlu berlama-lama saat berbelanja, catat bahan belanjaan yang harus kita beli dan segera ke kasir jika sudah mendapatkan. Cuci tangan dengan sabun setelah bertransaksi dengan uang.

Keadaan new normal saat ini mengharuskan kita harus tetap terus waspada dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Jika tidak terlalu penting, usahakan berdiam diri di rumah saja. Mari, bersama kita dukung pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam penerapan tatanan new normal ini, dengan kita mengikuti protocol kesehatan, “pungkas Babinsa.

MIH.