Bupati kabupaten Asmat Bangga Dana Papua untuk keperluan Gizi Anak balita

60

Alakomai.com
Asmat-Bupati Asmat memberikan arahan kepada masyarakat Distrik Fayit dan Aswi,bahwa dana bantuan ini ditujukan untuk pembelian bahan pangan bergizi guna mendukung tumbuh kembang anak, Senin (16/03/20).

Penyaluran dana bantuan tersebut juga disertai dengan edukasi menyeluruh terkait cara pemenuhan gizi yang benar dan cara peningkatan akses anak terhadap layanan kesehatan.

Edukasi ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami cara pemanfaatan dana bantuan dengan benar, serta menyasar pada perubahan cara pikir masyarakat agar dapat memprioritaskan penggunaan dana hanya untuk kebutuhan anak mereka.

Sumber dana untuk program ini adalah dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) dan disalurkan langsung dari Bank Papua ke rekening ibu atau wali yang sah, dari anak-anak di bawah usia 4 tahun ini.

Bupati Asmat Elisa Kambu yang di dampingi Ketua Sekber Asmat Hallason Frans Sinurat mengatakan, penerima manfaat khusus untuk tiga distrik ini berjumlah 1.371 orang.

“Jumlah ibu penerima manfaat Distrik Safan,Fayit dan Aswi sebanyak 1.371 orang.Jumlah ini sangat banyak, maka anggaran yang telah diterima semoga digunakan untuk kepentingan anak-anak,” pesan Elisa.

Menurut Bupati Elisa, program bantuan sosial melalui dana Otsus ini perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena untuk tahun 2021 belum bisa dipastikan berjalan nantinya atau tidak.

“Kita berharap pemerintah Provinsi Papua melanjutkan program ini, karena banyak asas manfaat dan perubahan yang terlihat ditengah masyarakat khusunya di kabupaten Asmat,” ujarnya.

Selain memanfaatkan program Bangga Papua,Elisa juga berpesan kepada ibu-ibu untuk memanfaatkan dengan baik program 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), dan Pemberian Makanan Anak Sekolah (PM-AS) dari Pemkab Asmat.

“Karena bantuan sosial ini diperuntukkan untuk generasi muda agar hidupnya sehat, dan mampu berkembang seperti generasi muda di belahan dunia lainya,” tuturnya.

Bupati Elisa, juga mengingatkan untuk semua masyarakat tetap menjaga kesehatan.
Disamping itu, kepada orang tua harus terus mendorong anaknya untuk bersekolah.

“Kepada ibu yang punya anak bayi agar jaga kebersihannya, seperti memandikanya secara teratur, beri makanan bervitamin dan lain sebagainya,” pesannya.

Arjuna Wiwaha
Kabiro Papua