Danramil 1002/ Pagat sampaikan Wasbang dalam gelar Bin peta jarak jaringter

53

Alakomai.com
Barabai Kalsel. Koramil 1002-07/Pagat menggelar pembinaan peta jarak jaring teritorial triwulan I tahun 2020 bertempat di Aula Koramil Pagat jalan Tanjungpura Desa Pagat Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah,Selasa (10/3/2020).

Kegiatan pembinaan peta jarak jaring teritorial koramil 1002-07/Pagat diikuti oleh 50 orang mitra karib Babinsa.

Dalam kesempatan tersebut Danramil 1002-07/Pagat Kapten Inf Andi Tiro menyampaikan tentang wawasan kebangsaan kepada para undangan dengan materi 4 (Empat) Pilar Kebangsaan.

Lebih lanjut Kapten Inf Andi Tiro menyampaikan bahwa Empat pilar kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana.

Pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan agar bisa berdiri secara kokoh. Bila tiang rapuh maka bangunan akan mudah roboh.

Empat pilar disebut juga fondasi atau dasar yang menentukan kokohnya bangunan. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat.

Dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat. Oleh karenanya masyarakat hendaknya selalu berpedoman pada keluhuran Empat Pilar Kebangsaan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat,”pungkasnya.(pendim1002).
[11/3 15.28] Kodim 1002: Danramil 1002-05/Pandawan Sampaikan Pesan Moral Kepada Siswa MTsN 4 HST.

Barabai Kalsel. Danramil 1002-05/Pandawan Lettu Inf Husni Tamrin menyampaikan pesan moral kepada siswa siswi MTsN 4 HST.

Pesan moral disampaikan dalam acara penyuluhan ketentraman dan ketertiban masyarakat di sekolah wilayah kecamatan Pandawan tahun 2020, Rabu (11/3/2020).

Dalam pesannya Danramil 1002-05/Pandawan Lettu Inf Husni Tamrin menyampaikan agar pelajar selalu patuh dan taat terhadap peraturan yang diberlakukan oleh pihak Sekolah dan Pemerintah, seperti tidak bolos, tidak merokok, termasuk tidak berada di luar perkarangan sekolah saat jam belajar mengajar berlangsung,”katanya.

Perlu adanya pengawasan dari pihak sekolah terhadap tingkah laku para siswa pada saat belajar, agar mereka tidak terjerumus kedalam hal-hal yang negatif, seperti perkelahian atau tawuran, perjudian, mengkonsumsi minuman beralkohol, oplosan, dan narkoba, bahkan bisa jadi ke perilaku sex bebas, dan untuk diluar jam sekolah adalah tugas orang tua,”ungkapnya.

Lanjut Husni Tamrin, itu semua tidak akan berhasil apabila tidak ada kesadaran dari para siswa sendiri untuk mematuhi segala peraturan sekolah, menjauhi hal hal yang negatif maupun menghindari pergaulan bebas.

Untuk itu tanamkan didalam hati sanubari kalian para siswa untuk selalu berbuat yang terbaik untuk diri sendiri, sekolah maupun untuk lingkungan kalian, agar nantinya kalian menjadi pribadi yang cerdas, berprestasi dan bermental baik guna masa depan, keluarga, nusa dan bangsa, sehingga mampu menjadi pelopor hidup tertib dilingkungan tempat tinggalnya,” harapnya.

(pendim1002).