Alumni Bripal Back To School

693

Alakomai.com-Bone-sulsel
Kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah atau yang kerap disebut sebagai kegiatan ektrakurikuler (ekskul) merupakan media penunjang untuk menumbuhkan minat dan bakat siswa,selain dari pengembangan keterampilan akademis di sekolah.

Selain siswa harus dipenuhi keterampilan akademis,alangkah baiknya peserta didik pun harus diberikan kegiatan penunjang untuk menyalurkan hobi atau minat di bidang tertentu.

Mari kita pahami dengan nalar/logika yang sehat dan objektif bahwa sesungguhnya potensi para pelajar dan generasi muda/remaja bukanlah sebatas pada aspek akademis saja, namun siswa/pelajar dan remaja-remaja yang lainnya juga memiliki potensi di bidang non-akademis.

Ekskul itu diadakan tidak lain untuk memberikan ruang pengembangan keterampilan di bidang tertentu, seperti siswa pencinta alam ( SPA ),seni, olahraga, hobi, wirausaha dan keterampilan lainnya, Selain untuk menyalurkan minat dan bakat untuk pengembangan kreatifitas,

Ekskul juga dapat menjadi alternatif menyalurkan emosi siswa yang sedang menyukai sesuatu aktifitas tertentu. Yang harus kita pahami juga adalah bahwa,emosi siswa yang tergolong pada usia labil dan mudah terpengaruh itu,

maka ekskul berperan sebagai filter ( saringa penyekat) dan sekaligus menyalurkan emosi secara positif, proporsional, efektik, efisien ( murah meriah) dengan mengarahkan semua bakat siswa tetap dengan pedoman kebijakan masing-masing sekolah dengan harapan agar para siswa didik tidak terjebak kepada hal-hal yang negatif.

Foto Adrian perdana

Ekskul berperan penting menyalurkan emosi siswa yang labil, dengan mengikuti kegiatan keterampilan di ekskul sebetulnya mnencegah perilaku peserta didik ke arah yang kontraproduktif (berperilaku tidak baik,)
di luar jam sekolah,

Dari banyak pendapat, gagasan dan pendapat yang pernah saya peroleh dari kalangan para pelajar, ternyata dapat saya simpulkan selama mengikuti kegiatan ekskul di sekolah banyak sekali manfaat yang telah mereka terima dan mereka rasakan .

Selain memiliki banyak teman, dengan mengikuti kegiatan ekskul mengajarkan untuk berorganisasi. Pelajar yang mengikuti ekskul Pecinta Alam itu mengaku sangat senang dengan aktifitas yang digelutinya.

Menurut opini mereka ternyata aktif di Kelompok Pecinta Alam disekolah sangat bermanfaat karena mengajarkan kedisiplinan dan ketahanan daya tahan fisik.

Bripal merupakan Salah Satu organisasi yang didirikan Oleh Adrian perdana untuk Tujuan pembinaan Siswa Pencinta Alam
SMKN 4 Bone Dan didirikan pada tanggal 7 Februari 2012

Kehadiran organisasi Bripal Ini Sangat menunjang Aktivitas Siswa Yang potensi dibidang kepencinta Alam khususnya dilingkungan Sekolah ungkap Adrian perdana
Jumat,28-02-2020 pukul 15.30 Wita

Penulis Adrian perdana

Redaksi